Enzim dan Katabolisme

Seluruh makhluk hidup memiliki ciri melakukan proses metabolisme, dan proses metabolisme akan berjalan dengan baik jika ada enzim sebagai biokatalisator. Berikut ini bahasan tentang enzim dan katabolisme .

ENZIM








METABOLISME








Bagaimanakah tahap - tahap respirasi aerob ???

Respirasi aerob terdiri atas 3 tahap yaitu :

1. Glikolisis ( terjadi di sitoplasma ), adalah proses pemecahan 1 molekul glukosa ( 6 C ) menjadi 2 molekul asam piruvat ( 3 C ), 2 ATP , dan 2 NADH (akseptor ion H ).
2. Siklus Krebs ( terjadi di mitokondria )
Sebelum memasuki siklus Krebs, 2 molekul asam piruvat ( 3 C ) akan mengalami dekarboksilase asam piruvat / pengurangan atom C dari asam piruvat menjadi 2 molekul asetil koenzim-A ( 2 C ), 2 molekul CO2 dan 2 NADH.
Selanjutnya 2 molekul asetil ko-A ( 2 C ) akan memasuki siklus Krebs dan dipecah menjadi 4 molekul CO2 ( 1 atom C ), 6 NADH, 2 ATP dan 2 FADH2.
3. Sistem Transfer Elektron Respirasi ( terjadi di membran dalam mitokondria )
Pada sistem transfer elektron respirasi terjadi transfer elektron / ion H yang terikat pada NADH dan FADH2 ( akseptor elektron ) melalui sistem membran mitokondria ,dibantu enzim yang disertai pembentukan H2O ( hasil reaksi ion H dengan O2) dan pembebasan energi ATP.
Untuk setiap molekul NADH mentransfer elektronnya pada O2 , dibebaskan 3 ATP ( jadi 10 NADH membebaskan 30 ATP ), sedangkan untuk setiap molekul FADH2 mentransfer elektronnya pada O2 membebaskan 2 ATP ( jadi 2 FADH2 membebaskan 4 ATP ).

Berikut ulasannya :
















Selain respirasi aerob beberapa organisme (terutama bakteri anaerob misalnya : Clostridium tetani ) melakukan respirasi anaerob. Demikian juga sel ragi ( jamur Saccharomyces sp ) mampu melakukan respirasi anaerob dalam bentuk fermentasi alkohol. Contoh respirasi anaerob adalah fermentasi asam laktat dan fermentasi alkohol, keduanya menghasilkan hanya 2 ATP ( hasil dari glikolisis )
Bagaimanakah proses fermentasi asam laktat dan fermentasi alkohol ????, berikut ulasannya :




No comments:

Post a Comment